Wednesday, August 6, 2008

Ekspedisi Cileat

Pada hari Sabtu-Minggu tanggal 2-3 Agustus 2008 kemarin, 3 orang anggota BC (Agus, daf, dan Fitri Wasil) dan 1 orang Pembina BC (Drs. Yusuf H. Adisendjaja, M.Sc.) melakukan ekspedisi ke Curug Cileat Subang. Perjalanan dilakukan dari desa Mayang hingga Loket tiket dengan jarak sekitar kurang lebih 3 Km.

Dari loket tiket, tiket masuk berharga Rp. 3600,- per orang. Dari loket, perjalanan dilanjutkan menuju curug 1 (Curug Cimuncang 1). Selama perjalanan menuju curug 1 tersebut, kami menemukan owa jawa (Hylobates moloch) sedang bergelayutan di pepohonan. Saya dan Dani sempat merekamnya menggunakan handycam. Kita sangat senang karena ternyata spesies tersebut masih ada (Owa jawa merupakan primata yang dilindungi karena terancam punah dan merupakan hewan endemik pulau jawa). Kami sempat menghitungnya dan berjumlah kurang lebih 5 ekor, bahkan sempat terfoto seekor owa sedang mengendong anaknya.

Setalah itu perjalanan dilanjutkan menuju curug 2 (Curug Cimuncang 2) dan curug 3 (Curug Citorok). Selama perjalanan kami banyak disuguhkan pemandangan yang indah, meskipun dibeberapa tempat terdapat kerusakan penebangan liar yang kemungkinan dilakukan oleh penduduk setempat. Karena hari menjelang malam, kami memutuskan beristirahat di antara curug 3 dan curug 4. Saat hendak beristirahat, kami mengambil tempat beristirahat di salahsatu pondok di sawah. Pada saat itu, kami menemukan beberapa anak AM angkatan BaRa dan EL berjumlah 10 orang. Kami akhirnya nge-camp bersama di pondok tersebut.

Pada keesokan harinya, kami melanjutkan perjalanan menuju curug 4 (curug cileat). Selama perjalanan kami menemukan banyak fauna seperti surili, owa jawa, elang jawa, elang hitam dan beberapa jenis serangga dan burung lainnya. Setelah mencapai Curug, kami semua sangat terkagum karena begitu indah pemandangan yang tersaji. Hanya rasa Syukur pada Tuhan yang terpanjat dari dalam hati ini.


Berfoto bersama di Curug Cileat

Seekor owa yang berhasil di dokumentasikan.

Owa betina yang sedang menggendong anaknya

Setelah selesai semuanya, kami semua beranjak pulang menuju Bandung tercinta...
Akhirnya Ekspedisi Cileat selesai....Cileat, Wait me until next time...




3 comments:

suhana said...

saya suhana dari PA PALAPA ( PENCINTA ALAM PARAHYANGAN ), BANDUNG TIMUR kami ingin berbagi pengalaman dg anda , bahwa kami pernah melakukan perjalan exspedisi ke cileat thn 2003,2005 & 2006,perjalanan di mulai dari ujung berung ,palintang ,bukit tunggul,lewat belakang gunung bukit tunggul lebih seru dan menantang kami semua lakukan dg berjalan kaki,banyak tantangan dan petualangan dijamin puas...... trims

johan said...

ada berapa curug di sekitarnya

johan said...

owa binatang apan