Thursday, June 4, 2009

Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia

Hallo Gank....

Setelah sekian lama tidak berkesempatan mengupdate blog ini, akhirnya ada kesempatan.

tanggal 5 Juni biasa diperingati seluruh warga dunia sebagai hari lingkungan hidup. Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni, penetapannya dimulai sejak tahun 1972 melalui Sidang Umum PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) dan menetapkan tanggal tersebut sebagai hari lingkungan hidup sedunia. Pada tahun yang sama dibentuk UNEP (United Nations Environment Program) yang bertanggung jawab terhadap peringatan World Environment Day setiap tahunnya di berbagai negara.

Indonesia sebagai negara dengan keanekaragaman hayati kedua terbesar di dunia tampaknya masih jauh untuk bebas dari permasalahan lingkungan hidup. Negara kita masih tercatat sebagai perusak hutan terhebat di dunia (euleuh...?). Selain itu, singgungan antara kepentingan ekonomi dan ekologi di negeri ini juga tidak berimbang. Dengan mudah, kawasan ekologi bisa berubah menjadi pusat ekonomi.

Sebagai warga Indonesia, kita bertanggung jawab kepada Tuhan YME dan seluruh warga dunia untuk ikut menjaga kelestarian alam Indonesia.

Banyak hal bisa kita lakukan seperti : Buang sampah pada tempatnya, buang limbah setelah diolah dan layak buang, mengurangi penggunaan material plastik, dan saling megingatkan untuk bersama-sama menjaga alam.

Sesederhana itulah sebenarnya cara untuk menjaga lingkungan hidup. Hal yang terberat adalah menjaga konsistensi dan menegakkan hukum.... SALAM LESTARI..!

No comments: