Thursday, August 9, 2007

More About Elang Brontok (Spizaetus cirrhatus) bag.II

Saya sebenarnya bukan penyuka burung, akan tetapi kehadiran burung Elang ini di kebun botani telah merubahnya.

Awalnya cuma melihat selintas... Oh ada burung elang yah...
tapi setelah melihat dengan lebih jelas dengan menggunakan binokuler pinjaman dari jurusan pendidikan biologi UPI...., WOW.... keren banget ni burung...., makin di lihat makin kelihatan indah aja.
Pantas saja dia dijadikan model pesawat tempur buatan Amerika F-15.
Burung ini ternyata menjadi inspirasi bagi pembuat virus komputer Brontox yang merajalela pada sekitar akhir tahun 2005 yang lalu, entah dari mana hubungannya burung ini dengan virus tersebut.

Kami telah mengabadikan burung ini sebanyak ratusan foto dan beberapa menit video saat burung ini sedang makan (Guz.. tolong diupload videonya, Ok)



Kehadiran burung ini di Kebun Botani, membuat anak-anak Biocita jadi lebih sering ngumpul di sini sambil mengambil gambar ataupun video, bahkan alumni pun berdatangan kemari seperti Dani (Daf), Agus Mawardi, Heri Mulyadi, Boyke jg ada dll kebanyakannya sich anak-anak angkatan Batang Aru :p Jadi weh pada reunian hehe...


To agus:

sorry goes, foto-foto hasil jempretan ente waktu pake kamera yang ane, banyak yang dihapus soalnya hasilnya banyak yang nge-blur euy... Yah, namanya jg kamera digital poket biasa, cuma 7 Megagpixels, optical zoom 3x dan digital zoom 5x.


Seharusnya digital zoomnya jangan dipake Gus, soalnya ga ada image stabilizernya, optical zoomnya jg klo bisa mah jgn full --> gerak dikit jd blur dech.


Mendingan di set reolusi image paling tinggi trus zommnya jangan di full (cukup optical zoomnya aja), biar gambar kecil di LCD-nya tapi sebenarnya gambarnya gede lho..., jd nanti tinggal di crop pake adobe photoshop dan hasilnya ya seperti gambar di atas itu, lumayan kan... walaupun kalah jauh klo pake kamera professional mah :-)


Nanti dech, klo Biocita dapat penghargaan lagi + "doku" beli kamera professional (SLR) untuk menunjang motto BC: "Tidak mengambil apapun selain foto dan tidak meninggalkan apapun selain jejak"


Piss....

8 comments:

Aam Amarullah said...

Luarr biasaa!!
Jadi rindu ma kebun botani euy!
fotonya juga cekas!
agus cenah deuk kirim videonya? mana? bwt yg masih di bdg, jaga kelestariannya ya! kebun botani kita memang hebat
palagi kalo kawasn dagu dah habis, panti botani upi jadi paru-paru sekitar ledeng and bandung utara
minta foto versi full nya donk!
di zip yaa

Agus Mawardi said...

fer eta hasil foto urang, ngaku-ngaku ente mah!!

Agus Mawardi said...

saya sedih mengapa sesama anggota BC aja ada bajak-membajak hasil karya...hiks..hiks
buat feri cepat tobat
pizz

Fei said...

Gus sorry nya, foto hasil jepretan ente mah banyak yang dihapus, soalnya pada ngeblur euy... (daripada menuh-menuhin hardisk ane hehe...)Teknisnya ada di postingan (updated).
Foto eta mah hasil urang atuh..., inget kan pas ur ningalikeun hasilna ka maraneh (ente jeung omen).
kalau hasil jepretan orang pasti disebutkan, misalnya jepretan hasil hym-hym (padahal ngeshootnya pake kamera saya) trus pas ente anu ngarekam si brontok terus di serang..., kan ada di credits na nama ente sebagai kameramen... iya kan???
Clear kan sekarang mah.... sip.

Aam Amarullah said...

Geus atuh jang ulah pasea, era ku batur! ayeunamah urang pahade-hade moto wae yuu!

fei, aya teu kamera hade harga miring? Akeu ge nabung ah! era euy nginjeuman wae poto digital ti kantor

gus, enta ku sayah geus dikirim undangan jadi moderator, tinggal aktifkeun terus wae ngalog-in, toba tanyakeun tah ka si fey!

ari di barandung ayeuna ngabeskem dimana sih? rek ngirim undangan yeuh!

Fei said...

Yah..., ada sedikit perbedaan pendapat sih wajar kan...?
engke ur badamikeun upami pendak, bade kumaha saena dsb...

Soal kamera, aya sih kamera anu murah mah, kamari wae aya promosi ti fuji film, kamera digital Rp 300.000, duka aya keneh teu.

Anu Rp 1jt-an ka 1,5jt-an oge lumayan alus hasilna, ngan waktu prosesna rada lila, tambah deui mun teu make blitz, wah.... (kudu sabar weh)--> Foto si brontok kan di shoot-na ku kamera anu kitu, lumayan kan hasilna (asal cahaya berlimpah proses-na lumayan gancang sih...)

Anu relatif murah & mantep mah anu di atas 2jt ka 3jt-an, optical zoom bisa nepi ka 5x, resolusi 8-10 Megapixels, image stabilizer, ISO gede di atas 3000-4000an (foto benda bergerak cepat teu ngeblur, cahaya kurang tetep cekas, proses cepat 1/4000 detik).

Kamera professional mulai ti 5 jutaan,kualitas lebih mantap dan bisa di upgrade lensa-na (tele, wide dsb), trus bisa dipake bisnis "Foto Pernikahan, ulang tahun, Sunatan dll, Lumayan bisa dijadikan tambahan penghasilan :-)

Selamat berburu kamera bro....

Fei said...

Undangan naon Kang Am?
Undangan pernikahan? Selamat atuh nya...?

Basecamp lagi searching anu rada merenah yeuh...

Tos weh di kirimna ka Jurusan pend. Biologi FPMIPA UPI. Engke biasana dipajang di tempat surat di jurusan. Insyaallah nepi... ok.

Aam Amarullah said...

Thanks, sementara karena budgetnya terbatas, cari seken wae heula lah
tapi jujur neh jadi lbh tertarik tos ningali si brontok mah,
di lippo karawaci marahal ning, sugan wae ari di bandung mah...
aya teu nya beli laptop berhadiah gratis kamera or handycam..he..he
pan sekali tepok dua gunung tergenggam...